Jenis-jenis penelitian

Kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis penelitian. Terdapat bermacam-macam penelitian yang ada, berikut ini adalah ragam penelitian jika di lihat dari:
Jenis-jenis penelitian

- Ragam Penelitian menurut Bidang Ilmu
Pada umumnya ilmu bisa dibagi menjadi ilmu-ilmu dasar dan ilmu-ilmu terapan.  Yang termasuk kelompok ilmu dasar antara lain ilmu yang dikembankan pada fakultas MIPA seperti  fisika,matematika, kimia geofisika, geografi dan biologi. Sedangkan yang termasuk kelompok ilmu terapan yaitu: ilmu kedokteran, ilmu teknik, ilmu teknologi pertanian.

- Ragam Penelitian menurut Pembentukan Ilmu
Penelitian menurut Pembentukan ilmu yaitu penelitian yang dibentuk melalui penelitian induktif dan penelitian dedukatif. Peneltian induktif yaitu peneltian yang hasilnya berupa hipotesis atau teori, sedangkan peneltian deduktif yaitu penilitian yang menguji hipotesis atau teori.

- Ragam Penelitian menurut Bentuk data (kuantitatif atau kualitatif)
Ragam penelitian bisa juga dilihat dari bentuk datanya. Dalam penelitian data bisa berpa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yaitu data yang tidak berpa angka yang bisa diolah dengan statistik atau matematika. Data kuantitatif yaitu data yang berpa angka yang bisa diolah dengan statistik atau matematika. Walaupun begitu terkadang dilakukan sebuah upaya kuantifikasi terhadap data kualitatif manjadi kuantitatif. Contohnya persepsi bisa diukur dengan cara membubuhkan angka dari 1 hingga 5.

Penelitian yang mengolah data kualitatif disebut dengan penelitian kualitatif, sedangkan peneltian yang datanya berupa kuantitaf maka disebut dengan penelitian kuantitatif.

- Ragam Penelitian menurut Paradigma Keilmuan
Ada 3 macam pradigma keilmuan yang berhubungan degnan penelitian yaitu:
  1. Positivisme
  2. Rasionalisme
  3. Fenomenologi

Dari ketiga macam pradigma keilmuan tersebut bisa dibedakan dalam berbagai sudut pandang yaitu: sumber teori/ kebenaran, teori yang dihasilkan dari penelitian.
  1. Pradigma positivisme percaya kebenaran sumbernya berasal dari empiri sensual,yang bisa ditangkap panca indra.
  2. Pradigma rasioalime kebenaran bersumber tidak hanya dari empiri sensual, tetapi juga dari empiri etik (idealisasi realitas) dan empiri logik (pikiran: simplifikasi, abstraksi).
  3. Pradigma fenomenologi kebenaran sumbernya tidak hanya berasal dari empiri sensual, empiri etik, empiri logik, tetapi juga empiri transcendental (keyakinan). 

Selain jenis-jenis peneltian yang saya sebutkan diatas, sebenarnya masih banyak ragam penelitian yang lain. Anda mungkin bisa menemuinya pada referensi anda yang lain.

Artikel Terkait