Jenis-jenis Pendekatan dalam Penelitian Kuantitatif

Jenis-jenis Pendekatan dalam Penelitian Kuantitatif - Penelitian kuantitatif merupakan suatu penelitian ilmiah yang sistematis terhadap fenomena dan bagian-bagian serta hubungan-hubungannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian kuantitatif secara garis besar terdapat pendekatan-pendekatan berikut ini:
Jenis-jenis Pendekatan dalam Penelitian Kuantitatif

1. Penelitian Deskriptif
Penelitian deskriptif adalah penelitian yang tujuannya memberi gambaran atau uraian tentang fenommena ataupun gejala sosial yang diteliti dengan mendeskripsikan variabel mandiri, baik satu variabel ataupun lebih menurut indikator-indikator dari variabel yang  diteliti tanpa menghubungkan atau membandingkan variabel yang diteliti untuk klasifikasi atau eksplorasi dengan mendeskripsikan sekelompok variabel yang berkaitan dengan variabel yang sedang diteliti. (Iskandar, 2008:61). Contohnya bagaimanakah kecerdasan emosi SMA 3 di kota….? Maka seorang peneliti harus dapat mendeskripsikan kecerdasan emosi dengan dasar indikator-indikator kecerdasan emosi seperti pengendalian diri, kesaddaran diri, kemahiran sosial, dan motivasi diri.

Ada 2 cara untuk menyajikan laporan penelitian deskriptif yaitu menggunakan ukuran kuantitatif misalkan bentuk peersentase atau mean, atau deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan suatu dari angka-angaka ataupun dikaitkan dengan teori-teori yang relevan dengan variabel yang sedang diteliti.

Analisa deskriptif dipakai dalam membantu peneliti mendeskripsikan ciri-ciri variabel yang diteliti atau merangkum pengamatan penelitian yang sudah dilaksanakan tanpa membuatkan kesimpulan yang berlaku ssecara umum dari data yang didapatkan dari sampel dan populasi. Statistik deskriptif berhubungan dengan kegiatan mencatat, menyusun, menyajikan, mmeringkas dengan menggambarkan atau mendeskripsikan data-data yang didapatkan di lapangan. Terdapat beberapa teknik statistik deskriptif yang sering dipakai dalam mendeskripsikan data yaitu: uji mean, median dan modus.

2. Penelitian Komparatif
Penelitian Komparatif adalah membandingkan antara satu variabel atau lebih dengan sampel. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengkajian dari beberapa fenomena sosial. Sebagai contoh: Apa ada perbedaan prestasi belajar antara siswa laki-laki dengan perempuan di SMP 1…? Biasanya pada penelitian ini teknik analisa data yang dipakai yaitu ’t ’test atau ’F’test.

3. Penelitian Korelasi
Penelitian Korelasi adalah penelitian sebab akibat yang tujuannya untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan terkait. Penelitian korelasi dibangun menggunakan teori yang telah matang, yang fungsinya untuk mengetahui, mengontorol dan meramalkan sebuah fenomena. Terdapat beberapa teknik yang digunakan untuk analisa data pada penelitian ini yaitu korelasi phi, Korelasi produc moment, korelasi rh, kooefisien kontingensi, regresi atau chi kuadrat.

4. Penelitian Eksperimen
Penelitian Eksperien adalah sebuah penelitian yang menuntut peneliti mengendalikan dan memanipulasi satu atau lebih variabel bebas dan mengamati variabel-variabel yang terkait, untuk mengetahui perbedaan sesuai variabel bebas tersebut. Penelitian Eksperimen bisa diartikan sebagai suatu penelitian yang ingin mengetahui sebab akibat dari treatment/ perilaku kepada kelompok eksperimen.

Misalkan suatu penelitian ingin mengetahui pengaruh KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan) terhadap prestasi siswa kelas 2. Lalu kelas dikelompokan menjadi 2 lokal yaitu kelas 2a dan 2b, kemudian dilaksanakan tes awal pada keduanya, untuk memperoleh nilai. Sesudah itu kelas 2a diberlakukan sistem KTSP, dan kelas 2b diberlakukan sistem KBK, sesudah itu hasilnya dievaluasi.

5. Penelitian Expos Facto
Penelitian Expos Facto adalah penelitian yang dilaksanakan untuk meneliti sebuah peristiwa yang terjadi kemudian mengaati latar belakang faktor yang menjadi penyebab terjadinya kejadian tersebut. Misalkan: Penelitian mengenai sebab-sebab terjadinya perselisihan antar siswa SMA di….

f. Penelitian Survei
Penelitian survei adalah penelitian yang dilaksanakan dengan mengamati secara langsung pada suatu gejala dengan menggunakan system sampling. Yang menjadi ciri khas penelitian ini yaitu data yang dikumpulkan dengan angket yang akan diberikan untuk responden. Contohnya: penelitian mengenai “Persepsi Masyarakat Kec. …… mengenai pendidikan sosial di Sekolah Menengah”. 

Itulah uraian singkat dari kami tentang Jenis-jenis Pendekatan dalam Penelitian Kuantitatif. Semoga uraian di atas dapat menambah pengetahuna kita.

Artikel Terkait