Pengertian reliabilitas dan validitas alat ukur

Pengertian reliabilitas dan validitas alat ukur - Reliabilitas adalah indeks yang menunjukan sampai sejauh mana sebuah alat ukur dapat diandalkan atau dipercaya. Jika sebuah alat ukur yang digunakan 2 kali untuk mengukur gejala yang serupa dan hasil dari pengukurannya relatif konsisten, maka alat ukur dapat dinyatakan reliabel. Jadi reliabilitas dapat dikatakan suatu yang menunjukan konsistensi sebuah alat ukur dalam mengukur gejala yang serupa.

Baca juga artikel tentang: Pengertian Validitas

cara menentukan validitas dan reliabilitas
Terdapat beberapa teknik atau cara dalam mengukur reliabilitas yaitu:
a. Teknik Pengukuran Ulang
Dilakukan dengan mengadakan pengukuran ulang kepada responden, kita meminta kepada responden yang sama supaya menjawab seluruh pertanyaan pada alat pengukuran sebanyak 2 kali. Menurut Masri Singarimbun selang waktu pengukuran peratama dan ke dua antara 15 sampai 30 hari. Jika jarak waktu yang digunakan terlalu singkat maka dikhawatirkan kalau responden masih ingat jawaban yang diberikan saat pengukuran pertama.
Selanjutnya hasil antara pengukuran pertama dan kedua akan dikoreksi dengan teknik product moment” lalau dianalisa seperti pada teknik validitas.
b. Teknik belah dua, adalah teknik atau cara dengan membagi instumen menjadi 2 bagian, mmisalkan genap dan ganjil.
c. Adalah teknik yang dilakukan dengan memakai 2 alat ukur untuk mengukur pada aspek yang sama.

Contoh uji validitas dan reliabilitas
Untuk mencari validitas konstruk yaitu dengan membandingkan nilai pernyataan di tiap-tiap nomor urut menggunakan nilai keseluruhan.
Pengertian reliabilitas dan validitas alat ukur

Tabel Perhitungan Korelasi
Pengertian reliabilitas dan validitas alat ukur
Pengertian reliabilitas dan validitas alat ukur

Selanjutnya hasil perhitungan tersebut dikonsultasikan menggunakan tabel korelasi nilai “r” dengan mencari derjat keabsahan (db) terlebih dahulu, yaitu N-2 (10-2)=8. Pada taraf signifikan 5% didapat angka 0.632, dan 1% yaitu 0.765. Jika nilai r hitung lebih besar dibanding nilai r tabel, maka pertanyaan/ soal tersebut mempunyai validitas konstruk yang baik.

Berdasarkan dari rumus tersebut maka diperoleh nilai r berikut ini
Pengertian reliabilitas dan validitas alat ukur

Contoh Untuk Mencari Releabilitas, menggunakan cara pengukuran 2 kali
Pengertian reliabilitas dan validitas alat ukur

Maka selanjutnya hasil perhitungan tadi akan dimasukan ke dalam rumus korelasi produc moment, lalu dikonsultasikan menggunakan nilai 4 pada df 8 (N-8) atau 10-2. Pada taraf signifikansi 5%, nilai r tabel besarnya 0.632. Cara memberi interprestasi sama pada uji validitas, yang bisa dilakukan keseluruhan ataupun tiap-tiap item pernyataan. Misalkan, menurut contoh di atas didapat nilai 4xy besarnya 0.99 itu artinya reliabel, sebab nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0.99>0.632) di taraf signifikansi 5 %.

Itulah uraian singkat dari kami tentang Pengertian reliabilitas dan validitas alat ukur, semoga artikel dalamm blog metodologi penelitian ini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait