Variabel Penelitian dan Definisi Operasional

Variabel Penelitian dan Definisi Operasional - Dalam sebuah penelitian mungkin kalian sering mendengar istilah variabel penelitian dan definisi operasional penelitian. Namun tahukah kalian apa yang dimaksud variabel penelitian dan definisi operasional itu?. Jika belum tahu  silahkan simak penjelasan berikut ini.

Pengertian variabel penelitian

Variabel adalah sebuah konsep yang memiliki variabilitas. Konsep yaitu penggambaran atau abstraksi dari suatu fenomena. Variabel juga biasa disebut dengan masalah penelitian atau objek peneltian. Terdapat beberapa macam variabel yaitu:
  1. Variabel bebas, variabel ini bisa juga disebut variabel perlakukan, variabel pengaruh, variabel kuasa, variabel treatment.
  2. Variabel terpengaruh, merupakan variabel tidak bebas.
  3. Variabel perantara, merupakan variabel penghubung yang menghubungkan pengaruh variabel bebbas dengan variabel terkait.
  4. Variabel pendahulu yaitu variabel bebas yang berpengaruh terhadap variabel tergantung namun juga berpengaruh terhadap variabel lain sebagai variabel bebas terhaddap variabel tergantung tersebut. Variabel prakondisi merupakan sebuah variabel yang posisinya adalah sebagai prasyarat untuk bekerjanya sebuah variabel bebas kepada variabel tergantung.

Dilihat dari sisi korelasi antar variabel penelitian, maka ada beberapa bentuk korelasi yaitu sebagai berikut:
  1. Korelasi sistematis adalah korelasi yang terjadi jika antar 2 variabel terdapat hubungan, namun tidak terdapat mekanisme saling mempengaruhi, tiap-tiap variabel bersifat mandiri.
  2. Korelasi asimetris adalah korelasi antar 2 variabel dengan 1 variabel (bebas) sifatnya memberikan pengaruh terhadap variabel lain (terkait).
  3. Korelasi timbal balik adalah korelasi antar 2 variabel yang kedua variabel tersebut saling memberikan pengaruh.
Variabel Penelitian dan Definisi Operasional

Pengertian definisi operasional

Di dalam sebuah penelitian perlu memberikan definisi, agar peneliti dan pembaca tidak menghubungkan pikirannya dengan suatu hal lain. Berikut ini adalah tipe-tipe definisi operasional dalam penelitian:
  1. Definisi konstitutif (definisi konsepsi) yaitu definisi yang didapat dari kamus. Definisi konstitutif juga merupakan definisi akademik yang mengandung pengertian secara universal untuk sebuah kata atau kelompok kata. Biasanya definisi ini sifatnya formal dan abstrak.
  2. Definisi fungsional (definisi operasional). Terdapat 2 bentuk definisi fungsional/ operasional yaitu definisi operasional yang bisa diukur dan definisi operasional eksperimental. Definisi operasional yaitu definisi yang bisa diukur menyatakan sebuah konsep yang bisa diukur dalam sebuah penyelidikan. Sedangkan definisi operasional eksperimental yaitu secara rinci peneliti menguraikan variabel-variabel yang sedang diteliti.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang Variabel Penelitian dan Definisi Operasional, semoga dapat memberikan manfaat buat kalian.

Artikel Terkait